Laman

Minggu, 30 Januari 2011

Pendaftaran Program S2 dan Spesialis UGM

Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran untuk calon mahasiswa Semester I Tahun Akademik 2011/2012 adalah  

Prosedur pendaftaran calon mahasiswa S2 dilaksanakan secara online dengan prosedur sebagai berikut:

  • Membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar
    • Rp. 500.000,00 untuk S2 Reguler (Jalur Akademik)
    • Rp. 750.000,00 untuk S3 dan S2 Non-Reguler (Jalur Profesi)
    • Rp. 1.000.000,00 untuk Spesialis
  • Pembayaran dapat dilakukan secara online melalui Bank BNI seluruh Indonesia, dengan kode :
    • 2121 untuk pendaftaran S2 Non-Reguler (Jalur Profesi)
    • 2222 untuk pendaftaran S2 Reguler (Jalur Akademik)
    • 2323 untuk pendaftaran Spesialis
    • 3333 untuk pendaftaran S3
    diikuti dengan tanggal lahir ber-format (ddmmyyyy)

    Contoh, untuk mendaftar S2 Reguler dengan tanggal lahir 3 November 1980, kodenya adalah 222203111980.
    Apabila tanggal dan bulan lahir tidak diketahui, maka tanggal dan bulan lahir yang dituliskan adalah 1 Januari. 
  • Jika pembayaran berhasil, maka pada struk pembayaran akan tercantum password untuk mengisi formulir pendaftaran.
  • Pada akhir isian formulir pendaftaran, pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran dan tersedia tombol untuk mencetak formulir pendaftaran sebagai salah satu syarat berkas pendaftaran.
  • Mengirimkan/menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran ke
    Administrasi Program Pascasarjana
    Direktorat Administrasi Akademik
    Kantor Pusat UGM, Lt. 1, Sayap Selatan,
    Bulaksumur, Yogyakarta - 55281
  • Mengikuti ujian TOEFL dan TPA pada waktu dan lokasi yang telah dipilih saat pengisian formulir pendafataran.

Persyaratan Berkas

A. Persyaratan untuk program S2 :

  1. Salinan ijazah dan transkrip akademik S-1 yang telah dilegalisir.
  2. Memiliki IPK minimal 2.75
  3. Asal Program Studi S1 telah memperoleh Akreditasi oleh BAN PT.
  4. Surat rekomendasi dari 2 orang/pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon.
  5. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program S2 yang berisi alasan, harapan dan rencana setelah selesai kuliah S-2.
  6. Surat izin dari instansi/lembaga tempat bekerja (bagi calon yang sudah bekerja).
  7. Surat keterangan jaminan pembayaran dari instansi atau surat keterangan kesanggupan biaya sendiri (bermaterei).
  8. Bagi pendaftar yang telah memiliki nilai TOEFL 450 dari PPB UGM atau ITP-TOEFL oleh institusi yang ditunjuk oleh The Indonesian Internasional Education Foundation dan TPA 500 yang dikeluarkan olehBappenas, Puspendik Litbang Diknas dan UGM dapat dilampirkan, sedang bagi pendaftar yang belum punya maupun nilai TPA dan TOEFL di bawah nilai tersebut di atas diwajibkan mengikuti tes. .
  9. Surat keterangan sehat dari dokter.
  10. Untuk pendaftar S2 Ketahanan Nasional, lulusan Akademi TNI dan POLRI, tanpa gelar kesarjanaan dapat mengikuti seleksi dengan syarat harus lulus SEKOLAH STAF dan KOMANDO ANGKATAN DARAT (SESKO AD), LAUT (SESKO AL), UDARA (SESKO AU) dan SESPIMPOL, dengan pengkat minimal Letnan Kolonel (LETKOL).
  11. Pelamar BPPS (hanya untuk Jalur Akademik) melampirkan Form A, B, C, D, E dan F dengan dilengkapi fotokopi
    10.1 Karpeg/NIK untuk PNS/Karyawan.
    10.2 Surat Keputusan sebagai PNS.
    10.3 Surat Keputusan Jabatan Dosen.
  12. Semua persyaratan dibuat dalam 2 rangkap.
  13. Isian formulir lampiran bagi pelamar BPPS dapat didownload di sini.
  14. Amplop berperangko dan ditulisi alamat pelamar
  15. Lamaran dikirim/diserahkan:

    Administrasi Program Pascasarjana

    Gedung Direktorat Administrasi Akademik
    Jalan Pancasila, Bulaksumur,
    Yogyakarta - 55281
source:klik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar