Laman

Senin, 31 Januari 2011

pelajaran dari anthurium

Siapa yang tidak kenal tanaman yang pernah ngetren dengan harga yang selangit ini. ya benar anthurium (gelombang cinta,jemani,hookery,dll) menurut saya tak ada yang istimewa dari tanaman tersebut sekali daunya dimakan ulat maka kotoran ulat tidak akan menjadi suatu hal yang luar biasa apalagi jadi emas.

Coba saja kita lihat sekarang, bisakan harganya melambung seperti dulu lagi. mungkin jawabnya adalah "tidak". Tapi bila hal tersebut ditanyakan kepada saya, maka saya akan menjawab: hal tersebut sangat bisa terjadi dan bahkan harganya bisa mencapai 2 kali lipat dari sebelumnya,  asalkan potnya kita buat dari emas murni bercampur berlian dan beratnya 1 kg lebih..hehehe ini sich bercanda.

Namun adakah diantara kita yang mengerti bagaimana hebatnya anthurium menjalani kehidupannya..
wow!! saya sempat terkagum kagum dikala itu : 1 tahun saya mengamati pertumbuhan sejak umur 1 minggu ketika berkecambah hingga sekarang jadi tanaman perindang dibelakang rumah saya.

"...Anthurium hanya akan mengeluarkan pucuk daun baru ketika akar bagian bawah keluar dan tertancap sempurna dan kokoh..."

"...Anturium tidak pernah mengeluarkan daun yang lebih besar terlebih dahulu selalu dari yang daun yang kecil menengah sedang baru lah yang besar dan lebih besar lagi. namun apa bila akarnya mengalami kerusakan maka daun yang keluar akan lebih keci..."

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari hasil pengamatan saya diatas ? ya benar kita simpulkan saja sendiri...hehehe
sudah saya bilang saya cuman mengamati prilaku tanaman tersebut bukan untuk menjelaskan artinya hehehe. ups bukan begitu maksud saya, masalahnya saya coba tanyakan dulu pada ahlinya baru saya paparkan lagi. oke oke..

salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar